Persiapan Pertemuan Bersejarah, Direktur CIA Temui Kim Jong Un

Persiapan Pertemuan Bersejarah, Direktur CIA Temui Kim Jong Un

Direktur CIA, Mike Pompeo. (Foto: Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Mike Pompeo, Direktur CIA bertemu dengan Kim Jong Un di Korea Utara pada libur akhir pekan Paskah.

Pertemuan itu dinilai pertanda bahwa Washington dan Pyongyang sedang menyiapkan panggung untuk pembicaraan bersejarah antara Presiden Donald Trump dan Kim akhir tahun ini.

Adalah Washington Post, yang mengungkap berita tentang pertemuan rahasia akhir Selasa malam, seperti diwartakan Vox.com, Rabu (18/4/2018).

Trump telah mengisyaratkan kunjungan Pompeo sebelumnya pada hari Selasa, di Mar-a-Lago, vila pribadinya saat nenerima Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, mengatakan bahwa AS dan Korea Utara terlibat langsung dalam pembicaraan tingkat yang sangat tinggi.

"Saya benar-benar percaya ada banyak niat baik. Banyak hal baik sedang terjadi,” ungkap Trump kepada media.

Pernyataan Trump adalah berita besar, meskipun sulit untuk menentukan apa yang sebenarnya dirujuk oleh presiden dalam sambutannya.

Seperti menurut analisis Vox, Alex Ward, pembicaraan langsung pada tingkat yang sangat tinggi, seperti yang dikatakan Trump sekarang, jarang terjadi.

"Itu sebabnya sulit untuk mengetahui apakah AS dan Korea Utara benar-benar berbicara pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya, atau melalui saluran yang sudah mapan,” tutur Alex.

Menurutnya, kunjungan Pompeo sebagai salah satu penasihat Trump yang paling terpercaya adalah tanda bahwa ada sebuah kemajuan pertemuan bersejarah antara Kim dan Trump.

Pompeo adalah pejabat tingkat tertinggi AS yang pertama bertemu dengan Korea Utara sejak Madeline Albright bertemu dengan Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un, pada tahun 2000.

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un dijadwalkan pada akhir Mei atau Juni mendatang.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });