Rayakan Hari jadi ke-70, Berikut Perjalanan Panjang Sejarah MotoGP!

Rayakan Hari jadi ke-70, Berikut Perjalanan Panjang Sejarah MotoGP!

Leslie Graham, juara dunia MotoGP pertama kali. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Gempitanya perhelatan olahraga adu nyali MotoGP telah melalui rekam jejak yang panjang. Tahun ini MotoGP memasuki usia yang ke-70 tahun penyelenggaraan.

Pada seri MotoGP Catalunya akhir pekan ini menjadi momen untuk memperingati 70 tahun kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi di dunia.

MotoGP pertama kali menyelenggarakan balapan yang digelar pertama kali di Isle of Man pada tahun 1949.

Dalam sejarahnya, sebelum tahun 1949 istilah Grand Prix untuk pertama kali digunakan pada ajang balap motor oleh Paris Coupe Internationale des Motocyclettes pada 1904 di mana pesertanya terdiri atas pebalap Prancis, Denmark, Jerman, Inggris dan Austria. (antaranews.com)

Baru kemudian setelahnya, Fédération Internationale des Clubs Motocyclistes (FICM) terbentuk, dan selama lebih dari 40 tahun telah mengatur regulasi kompetisi balap motor di Eropa, demikian dikutip dari laman resmi MotoGP.

Selama periode perang di Eropa (1919-1939) FICM meluncurkan kejuaraan resmi pertamanya yaitu Grand Prix Eropa, yang setiap tahunnya digelar di tempat berbeda.

Pada tahun 1938, GP Eropa diubah namanya menjadi Kejuaraan Eropa yang melombakan sejumlah balapan dengan tiga kategori berbeda yaitu 250cc, 350cc dan 500cc.

Setelah Perang Dunia ke-2 usai, Kejuaraan Eropa dilanjutkan pada 1947, namun hanya terdiri atas satu balapan.

Setahun berselang tepatnya pada November 1948 di Kongres London, FICM mengambil keputusan untuk mengganti Kejuaraan Eropa menjadi Kejuaraan Dunia.

Hingga akhirnya, pada Januari 1949 peraturan resmi dari Kejuaraan Dunia Grand Prix sepeda motor pun lahir dengan enam balapan digelar pada bulan-bulan berikutnya kala itu.

Keenam balapan itu adalah balapan Tourist Trophy Isle of Man (13,15,17 Juni); Grand Prix Swiss, Berne (2-3 Juli); Dutch TT, Assen (9 Juli), GP Belgia, Spa-Francorchamps (17 Juli); GP Ulster, Belfast/Clady (21 Agustus); dan GP of Nations, Monza (4 September).

Untuk menjadi Juara Dunia, dapat diraih pebalap yang mengumpulkan poin terbanyak dari setiap ajang. Sistem pemberian poin pun berbeda dari dengan yang berlaku saat ini. Kala itu juara balapan meraih 10 poin, P2= delapan poin, P3=tujuh, P4= enam poin, P5=lima poin.

Pebalap dengan waktu putaran tercepat, selama dia mampu finis balapan, akan mendapatkan tambahan satu poin.

Bagi konstruktor, hanya finis terbaik dari salah satu pebalapnya yang dihitung. Aturan itu berlaku hingga sekarang.

Pebalap Inggris Harold Daniel dari Norton Factory memenangi balapan pertama 500cc di Senior TT Isle of Man pada 1949. Namun kejuaraan dunia pertama itu menjadi saksi pertarungan perebutan gelar antara pebalap AJS Factory, Leslie Graham dan pebalap Gilera Factory, Nello Pagani.

Graham menjuarai GP Swiss di Jenewa dan GP Ulster di Belfast-Clady, sementara Pagani memenangi Dutch TT di Assen dan Nations GP di Monza.

Pada akhirnya, walaupun tak mencetak satu poin pun di Spa dan Monza, Graham menjadi Juara Dunia GP FIM pertama dengan 30 poin, unggul satu poin dari Pagani.

Sejak saat itu, kejuaraan dunia Grand Prix sepeda motor berjalan menjadi agenda balapan motor dunia dari FIM (dulunya FICM) setiap tahunnya.

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });