Pelaku Percobaan Penipuan Terhadap Cashwagon Dijatuhi Hukuman Penjara

Pelaku Percobaan Penipuan Terhadap Cashwagon Dijatuhi Hukuman Penjara

Ilustrasi kasus penipuan fintech. ( istimewa)

Keadilan Telah Ditegakkan dalam Kasus Penipuan, Peringatan Terhadap Para Kriminal

JAKARTAINSIGHT.com | Cashwagon, platform yang menghubungkan pemberi dana dengan orang-orang yang membutuhkan akses cepat pinjaman jangka pendek, mendeteksi tindakkan percobaan penipuan pada sistem mereka.

PT. Kas Wagon Indonesia (Cashwagon) adalah perusahaan Fintech yang mengoperasikan platform P2P online, sebagai penghubung antara peminjam dengan pemberi pinjaman. Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK) dan menggunakan sistem keamanan bersertifikasi ISO 27001 (Sertifikasi Manajemen Keamanan Informasi) dari Lembaga Standar Inggris, yang berarti layanannya telah memenuhi standar keamanan informasi internasional terkemuka.

Berkat aksi tanggap Cashwagon dan pihak cybercrime Kepolisian Indonesia, pelaku penipuan berhasil dibekuk, diadili, dan dijatuhi hukuman 10 bulan penjara.

Awalnya, pelaku yang merupakan warga Surabaya, meyakini bahwa sistem pinjaman Cashwagon yang cepat, mudah, dan dilakukan sepenuhnya secara online, akan menjadi modus penipuan yang mudah. Namun, pelaku tidak menyadari kemampuan sistem machine learning dan anti fraud perusahaan yang canggih.

Tim anti-fraud Cashwagon dapat dengan mudah mengidentifikasi jejak digital pelaku, mulai dari percobaan pelaku untuk mengakses aplikasi melalui beberapa perangkat dengan geo-location yang berbeda, hingga ke penggunaan dokumen korban yang dipakai pelaku untuk melancarkan aksi penipuan.

Informasi yang berhasil dikumpulkan tim Cashwagon akhirnya dapat membantu pihak kepolisian untuk bertindak cepat dalam membekuk pelaku.

“Kami ingin berterima kasih kepada pihak Kepolisian Indonesia dan Pengadilan Indonesia atas kerja samanya dalam memperjuangkan keadilan,” ucap CEO PT. Kas Wagon Indonesia, Asri Anjarsari. 

“Kami berharap kasus ini dapat menjadi pelajaran agar siapapun yang berpikir untuk melakukan percobaan penipuan terhadap Cashwagon tahu bahwa kami sangat serius dalam menindak kejahatan seperti ini," tambah Asri.

Untuk itu Cashwagon selalu berkomitmen untuk menyediakan bantuan finansial yang paling nyaman untuk para pelanggannya, serta didukung dengan kemudahan, transparansi, dan keamanan yang canggih. 

Penulis: Iwan
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler